Our Sponsor

Monday, April 30, 2012

Menentukan Kata Kunci untuk SEO

4:14 PM

Belajar SEO - Saya melihat beberapa teman senang websitenya ada di Top Ten Google dengan kata kunci atau keyword yang ia tentukan atau inginkan.



Namun perlu kita perhatikan apakah kata kunci tersebut sudah tepat, artinya memang kata kunci tersebut yang paling banyak dipakai oleh pencari produk kita di search engine.

Untuk menentukannya kita perlu sebuah riset atau penelitian. Perlu diperhatikan result / hasil Google terhadap kata kunci yang kita masukan. Lihatlah di sebelah kanan atas, ada berapa halaman web yang mengandung kata kunci tersebut.

Misal saja saya masukan kata kunci “komputer jangkrik” maka hasilnya adalah “Results 1 – 10 of about 33,900 for komputer jangkrik. (0.11 seconds)”.

Hanya ada 33.900 web yang mengandung kata “komputer jangrik”. Apalagi jika nama web kita adalah “komputerjangrik.com” saya yakin akan ada di nomor satu search engine.

Ini bukan medan peperangan sesungguhnya di search engine.

Coba kita masukkan kata kunci yang lebih populer misalnya “komputer”, maka akan menghasilkan “Results 1 – 10 of about 46,300,000 for komputer. (0.11 seconds)”.

Atau yang lebih spesifik lagi dengan kata kunci “harga komputer”, hasilnya adalah “Results 1 – 10 of about 5,040,000 for hseoarga komputer. (0.11 seconds) ”

Nah terlihat bahwa beda bangganya jika kita menang di pertarungan dengan jutaan web bahkan puluhan jutaan web dibandingkan dengan puluhan ribu web.
Saya ingin sharing tools / perangkat riset gratis untuk menentukan kata kunci ini dari Google, cobalah klik : https://adwords.google.com/select/KeywordToolExternal
Dengan tools tersebut kita dapat mengetahui siapa target pengunjung kita, di mana lokasinya dan apa yang paling banyak di cari dengan produk utama kita.

Kita bisa mengetahui berapa rata-rata tiap bulannya para pengunjung menggunakan kata kunci tersebut. Misalnya kata kunci komputer ada 1.220.000 pencari di bulan Oktober 2008 dan rata-rata tiap bulan mencapai 823.000 pencari selama tahun 2008. Dari tools ini juga terlihat secara grafik tren penggunaan kata kunci tersebut setiap bulannya.

Dari data tersebut sehingga kita dapat melihat medan perang sesungguhnya di pertarungan search engine.

Fokuslah pada urutan 1-5 urutan teratas dari kata kunci yang kita inginkan dari hasil tools tersebut. Dan kemudian tentukanlah rangkaian kata kunci yang kita inginkan dan bersaing dengan urutan teratas tersebut.

Misalnya kata kunci yang ingin kita ambil adalah “harga komputer”, maka langkah selanjutnya adalah lakukan strategi SEO dan riset web pesaing kita (pagerank-nya dan lain-lainnya).

Written by

We are Creative Blogger Theme Wavers which provides user friendly, effective and easy to use themes. Each support has free and providing HD support screen casting.

0 comments:

Post a Comment

 

© 2013 SEO untuk SEMUA. All rights resevered. Designed by Templateism

Back To Top